UPACARA HARI SANTRI 2019 SDN KEDUNGUTER 01

Kedunguter_Tepat pada pada tanggal 22 Oktober 2019 SDN Kedunguter o1 mengadakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional. Upacara dipimpin langsung oleh guru PAI Bapak M. Toha, M.Pd.

Upacara berlangsung dengan lancar dan hikmat serta diikuti oleh seluruh warga SDN Kedunguter 01 baik siswa kelas 1 sampai kelas 6 serta dewan guru serta staf.

Hari Santri Nasional diperingati setiap tahunnya pada 22 Oktober sejak ditetapkan pertama kali pada 2015. Menurut Harian Kompas edisi 22 Oktober 2015, santri tak hanya merujuk pada komunitas tertentu, tetapi merujuk mereka yang dalam tubuhnya mengalir darah Merah Putih dan tarikan napas kehidupannya terpancar kalimat La ilaha illa Allah. Penetapan ini dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yag ditandantangani pada 15 Oktober 2015.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Kegiatan Hari Santri diisi dengan kegiatan mengaji bersama

Nah, jadi dengan diadakannya Upacara Peringatan Hari Santri ini diharapkan siswa siswi SDN Kedunguter 01 paham dan mengerti akan sejarah hari santri tersebut.

Semoga kedepan akan muncul para pejuang pejuang dimasa yang akan datang, yang mampu memberikan apa yang terbaik dari kalian untuk mengisi kemerdekaan ini. MERDEKA….!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *