Hari Olahraga Nasional dalam Keseharian Warga SDN 1 Kedunguter Brebes

Hari Olahraga Nasional dalam Keseharian Warga SDN 1 Kedunguter Brebes

Kedunguter_Brebes: Hari ini Siswa-siswi SDN 1 Kedunguter  melakukan jalan sehat, dari kelas 1 hingga kelas 6 mengitari jalanan di desa. Perayaan hari olahraga yang dilakukan oleh kami sudah biasa kami lakukan tiap tahun.

Setelah bel pertama masuk berbunyi, diawali dengan jalan sehat. Dari gedung sekolah, kami berjalan mengelilingi jalan pedesaan kedunguter yang masih asri, udara yang bersih dan sehat. Orang tua wali muridpun tak ketinggalan ikut meramaikan kegiatan jalan sehat ini.

Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tahun, dijadikan hari peringatan di berbagai sekolah dengan berbagai macam cara. Saat peringatan sedang berlangsung, warga sekolah hendaknya menyadari, bahwasannya olahraga berguna untuk kesehatan tubuh, sehingga bisa beraktivitas dengan nyaman.

Kesehatan adalah modal penting untuk membangun bangsa melalui berkarya di berbagai bidang. Kalau kesehatannya terjaga, produktivitas masyarakat menjadi lancar dan bisa berkerja dengan baik. Terlebih bagi seluruh para siswa dan guru. Bukan tidak mungkin, akan dihasilkan generasi muda yang sehat jiwa raganya, bahkan bisa mencetak prestasi.

Selepas Peringatan Hari Olahraga Nasional, apa yang Harus Dilakukan Warga Sekolah dalam Kehidupan Keseharian di Sekolah?

Makna peringatan hari olahraga yang diresapi warga sekolah seperti yang dijelaskan tadi, alangkah baiknya digunakan untuk memperhatikan pentingnya kesehatan dan olahraga di sekolah, di segala aspek. Dalam hal ini, seluruh warga sekolah harus menjalankan kebijakan agar tetap bisa menyempatkan diri untuk berolahraga dengan lancar, setiap minggunya.

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mewujudkan keinginan tersebut, antara lain:

1. Senam Kesegaran Jasmani Setiap Rabu Pagi

Setiap Rabu pagi SDN 1 Kedunguter , para siswa melakukan senam dengan dipandu oleh siswa yang lebih menguasai tarian senam dan para guru. Dengan melakukan senam dengan udara pagi yang bersih dan segar, tubuh kita akan menjadi lebih sehat, setelah berkutat dengan pelajaran yang menguras energi tubuh dan

2. Lengkapilah Fasilitas Olahraga di Sekolah

Untuk menunjang warga sekolah untuk bisa berolahraga, khususnya bagi siswa yang akan mengikuti pelajaran Penjaskes, selain lapangan dan tempat olahraga yang disiapkan, peralatan olahraga harus disiapkan dengan lengkap, minimal bisa mencukupi kebutuhan olahraga para siswa. Jangan sampai ada kejadian ada siswa yang tidak ikut olahraga hanya karena tidak kebagian peralatan olahraga.

3. Mendatangkan Pelatih yang Berkualitas

Khusus untuk ekstrakurikuler olahraga, hendaknya dilatih oleh para pelatih yang lebih berpengalaman, terlebih pelatih pada semasa mudanya sering meraih banyak prestasi. Dengan demikian para siswa dapat mengembangkan hobi, minat dan bakatnya dalam berolahraga, diberdayakan menjadi sebuah prestasi yang lebih baik. Terlebih bagi siswa SD, dimana anak-anak yang berbakat dalam olahraga akan diarahkan menjadi atlet.

4. Fasilitas UKS, P3K, dan Tenaga Kesehatan, Harus Disiapkan

Terkadang saat pelajaran Penjaskes sedang berlangsung di lapangan, ada kejadian tidak terduga, misalnya pingsan maupun ada masalah kesehatan yang mengganggu kegiatan olahraga. Jika tidak segera ditangani, nyawa bisa menjadi ancamannya. Karena itulah, perlu ada tenaga kesehatan yang bisa menangani siswa yang mengalami masalah pada kesehatan, begitu juga tabung oksigen dan P3K, hendaknya dilengkapi.

Semoga bermanfaat. Salam Olahraga!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *