Apa Efek Samping Imunisasi DT, TD dan Apa Manfaatnya?

Efek Samping Imunisasi Dt, Td dan Manfaatnya

Kedunguter – Hari ini Senin 11 November 2019 SDN Kedunguter 01 mengadakan pemberian vaksin dt pada anak usia kelas 1, 2dan 5. Saat akan melakukan imunisasi tak lupa petugas memeriksan kesehatan siswa agar nantinya tidak terjadi efek samping imunisasi dt yang membahayakan

Apa sih Perbedaan imunisasi DT dan TD


Pada dasarnya vaksin difteri tetanus dan tetanus difteri mempunyai bahan yang terkandung dalam vaksin sama. Hanya komposisinya yang berbeda, jumah komposisi antivirus yang terdapat pada Dt dan Td:

Difteri tetanus memiliki komposisi antivirus sebanyak 20 LF
Tetanus memiliki komposisi antiirus sebanyak 7,5 LF
Tetanus difteri memiliki komposisi antivirus sebanyak 7,5 Lf
Difteri yang lebih rendah memiliki komposisi antivirus sebanyak 0,5 LF

Sesuai dengan kandungannya masing – masing, saat antibodi di dalam tubuh menurun akibat pertumbuhan vaksin dt hanya dapat menangkal virus difteri dan tetanus di saat masa yang rawan. Sedangkan untuk vaksin Td, sering disebut dengan vaksin lanjutan. Hal ini kadar antivirus difteri sedikit dibandingkan dengan vaksin Dt. Pemberian imunisasi Td untuk mencegah terjadinya penyakit di saat masa remaja sedangkan untuk tetanus juga kemungkinan datang lagi namun tidak berdampak besar.


Apa Sih Manfaat imunisasi difteri tetanus itu?

Pemberian vaksin Dt dan Td memiliki kandungan yang sama, begitupun dengan manfaatnya. Yaitu dapat mencegah terjadinya virus yang disebabkan oleh infeksi, tetanus, difteri dan pertusis (rejan). Pada umumnya penyakit Dt akan menyerang tubuh disertai timbulnya infeksi di bagian mukosa, saluran pernapasan dan kulit yang terluka. Biasanya gejala yang ditimbulkan di antaranya demam secara tiba – tiba, tumbunya membran kelabu yang menutupi bagian dari saluran pernapasan.
Tetanus merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Biasanya penyakit ini dapat menyebabkan kejang, pada otot dan berakhir pada kematian. Kejang tersebut berawal dari rahang dan leher. Hal ini perlu diwaspadai dengan melakukan imunisasi dt dengan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak kesehatan.


Efek samping imunisasi dt

Setiap obat pasti memiliki efek samping maka dari itu untuk meghindari hal yang tidak diinginkan, Kondisi anak sedang sakit maka pemberian vaksin dt sebaiknya ditunda dulu tunggu kondisinya pulih. Karena pemberian dt disaat kondisi sakit akan menyebabkan efek yang berbahaya seperti kejang – kejang. Anak yang memiliki riwayat alergi, maka konsultasikan terlebih dahulu kepada petugas kesehatan seperti dokter atau bidan.
Sama halnya dengan penyuntikan imunisasi yang lain, vaksin dt juga biasanya memiliki efek samping seperti demam yang hanya berlangsung 1-2 hari atau ruam merah di bagian yang telah disuntik. Walaupun efek ini akan sembuh dan hilang dengan sendirinya. Untuk mengurangi rasa nyeri, maka diperbolehkan untuk mengonsumsi obat pereda.

Semoga dengan diberikan kejelasan mengenai efek samping dan manfaat dari imunisasi TD dan DT ini dapat memberikan pencerahan bagi kita semua, khususnya orang tua murid sehingga tidak perlu khawatir.

2 thoughts on “Apa Efek Samping Imunisasi DT, TD dan Apa Manfaatnya?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *